Sejarah ayam cemani

√ Bagaimana Sejarah Dan Asal Usul Ayam Cemani?

sejarah ayam cemani -Legenda atau asal-usul ayam cemani diketahui pada zaman kerajaan Majapahit yakni namun diyakini ada dua cerita rakyat yang beredar.

Menurut wikipedia ayam cemani dari bahasa sangsakerta yang berarti hitam legam. Ayam Cemani berasal dari Daerah Kedu Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah dan Kalikuto, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang.

Berikut ini ulasan mengenai asal usul ayam cemani di indonesia yang telah beredar di Masyarakat.

Sejarah Ayam Cemani Dan Asal-usulnya

Sejarah ayam cemani

Pada Cerita yang pertama bahwa keberadaan ayam ini ketika kerajaan Majapahit akan berakhir dan kemudian dibawa ke kerajaan Demak sama Ki Ageng Makukuhan. Suatu hari Ki Ageng bertapa di makam daerah Kedu.

Beliau mendapatkan wangsit untuk mengobati penyakit anaknya yakni Panembahan Hargo Pikukuh atau lintang katon supaya menggunakan ayam hitam yang dimiliki.

Menurut sejarahwan Jauhari (1987) menyatakan bahwasanya termasuk sisa ayam purba yang bisa kita temukan di wilayah kedu, Temanggung, Jawa tengah.

Cerita yang Kedua, menyebutkan kalau ayam cemani pertama kalinya diperkenalkan oleh seorang kepala desa Kalikuto, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang yakni bernama Tjokromiharjo, pada masa hidupnya beliau mencurahkan perhatian dalam bidang peternakan.

Menurut Majalah Minggu pagi 7 Juni 1959, Bahwa Tjokromiharjo memperoleh pengetahuan seputar peternakan dari kursus yang diadakan sama Dr. Douwes pada tahun 1919 di Bandung. Dalam cerita ini menganggap bahwa ayam cemani bukan dari kedu melainkan hasil persilangan dari beberapa generasi ayam dorking dari inggris yang sama refles dibawa tahun 1811-1816.

Entah dari kedua cerita diatas mana yang benar, namun tetaplah yakin bahwa segala yang memberikan kesembuhan itu hanyalah Allah SWT. Selain itu mungkin saja menjadi perantara dan jadilah anggapan yang magis lah atau apalah.

Telur Ayam Cemani

Telur ayam cemani

Siapa yang kenal ayam cemani? Bagi para pecinta ayam hias pastinya sudah tidak asing lagi dengan ayam hias yang sangat unik ini. Keunikan ayam cemani dari semua tubuhnya yang berwarna hitam..

Karena ayam cemani memiliki warna tubuh yang hitam sehingga banyak orang menyangka kalau telurnya pun berwarna hitam. Alhasil banyak semakin penasaran sama ayam hias satu ini.

Tahun demi tahun popularitas ayam cemani ini semakin meraja lela, dengan demikian mempengaruhi harga jual ayam cemani dan permintaannya. Ide pun bermunculan karena ditakutkan punah para masyarakat Kedu pun banyak yang beternak ayam cemani.

Selain dari harga yang fantastis juga perawatannya lebih mudah dibandingkan sama ayam bangkok dan ayam boiler atau petelur. Nah begitu awal mula budidaya ayam cemani.

Kembali lagi ke pembahasan warna telur ayam cemani. Mungkin orang-orang mengira bahwa warna telurnya juga hitam, itu salah. Sebab warnanya seperti hal ayam pada umumnya, lebih tepatnya mirip sama telur ayam kampung.

Darah Ayam Cemani

Sejarah Ayam Cemani

Apakah darah ayam cemani hitam? Ayam cemani ialah ayam hias yang termasuk kategori langka. Karena tidak seimbang dengan presantase permintaan dan budidayanya.

Kebanyakan orang membeli hanya untuk dibunuh dan dijadikan sesajen, padahal dalam firman Allah SWT telah jelas dilarang untuk melakukan hal seperti itu.

Jika untuk sekedar dijadikan hewan hias atau peliharaan sih enggak masalah. Namun jika buat ritual itu menjadikan kita musrik kepada Allah SWT.

Meskipun ayam cemani berwarna hitam darahnya tidak, Hal yang sangat disayangkan bahwa banyak yang beredar darah ayam cemani itu hitam padahal tidak. Kejadian kejadian ini berdampak pada peternak karena bisa menimbulkan fitnah.

Maka dari itu admin berbagi mengenai warna darah ayam cemani yang benar. Sebenarnya warna darahnya adalah merah pekat bukanlah hitam. Jikalau ada hitam para peternak pun sudah dari dulu membudidayakannya.

Jika memang ada itupun tidak disembelih cuma di lukai bagian jenggernya itu bukan sampel. Kalau sampel itu ya disembelih bukan dilukai.

Jadi teman teman jangan mudah terpancing akan rayuan tipu daya darah hitam.

Manfaat Daging Ayam Cemani

Sejarah Ayam Cemani

Ayam cemani memang hitam dan semua tubuhnya termasuk dagingnya, akan tetapi meskipun hitam tidak menimbulkan dampak yang negatif. Malah menjadikan tubuh kita semakin sehat dan bugar.

Tidak perlu dijadikan sesajen atau ritual ayam cemani disembelih kemudian dimasak saja bisa memberikan dampak yang baik kok ditubuh kita.

Berikut ini ada beberapa manfaat yang dapat kita rasakan dari ayam cemani ini :

  • Mencegah Terjadinya Radang Sendi
  • Menghilangkan Stres
  • Meningkatkan Metabolisme Tubuh
  • Bagus Untuk Pertumbuhan Anak-anak
  • Menambah Sistem Kekebalan Tubuh
  • Meningkatkan Vitalitas Laki-laki
  • Menghilangkan Sakit Keseleo
  • Dan Meningkatkan Kesuburan Pria Dewasa

Itulah Beberapa asal usul dan sejarah ayam cemani beserta warna darah, Warna Telur, & Manfaat daging ayam cemani. Semoga dengan artikel sangat singkat ini membantu dan bermanfaat untuk kita semua.

Cukup sekian dulu yang bisa admin sampaikan kurang lebihnya mohon dan terima kasih.

Write your comment Here

%d bloggers like this: