cara membersihkan telinga dengan benar

Bagaimana Cara Membersihkan Telinga Secara Baik dan Benar?

Cara Membersihkan Telinga – Tak ubahnya dengan bagian tubuh lain, telinga yang merupakan organ luar pastinya harus senantiasa dibersihkan. Karena setiap harinya pasti ada saja polusi atau kotoran tak kasat mata yang menempel sehingga menumpuk mengotori bagian dalam daun telinga.

Adapun kebanyakan orang memilih membersihkan telinganya dengan media korek kuping atau cotton bud. Ya memang harus diakui, sampai sekarang ini cotton bud masih dianggap sebagai media paling simple untuk membersihkan telinga. Karena bentuknya yang kecil dan fleksibel.

Namun tahukan anda bahwa sebenarnya para pakar sepakat untuk tidak menganjurkan penggunaan benda-benda kecil sejenis cotton buds sebagai alat pembersih telinga. Apa alasannya? Mari kita simak uraian singkat berikut.

Bagi sebagian orang membersihkan telinga dengan cotton bud mungkin memberikan sensasi tersendiri. Namun perlu diperhatikan kalau pemakaian cotton buds bisa jadi malah mendorong kotoran masuk ke dalam, seperti diungkapkan oleh Ana Kim, M.D (Ahli Otolaringologi di Columbia University).

Kulit pada saluran telinga memiliki struktur yang cukup halus. Sehingga atas alasan tersebut, penggunaan korek kuping juga dikhawatirkan bakal merusaknya dengan gampang. Kemudian dapat juga membuka pintu masuknya bakteri. Yang kemudian berujung pada resiko infeksi.

“Sesungguhnya kita perlu menghindari untuk memasukkan sesuatu benda ke dalam telinga”, ungkap Kim.

Oke, Jika begitu maka pertanyaan yang muncul adalah:

Bagaimana cara membersihkan telinga dengan benar?

cara membersihkan telinga
sidomi.com

Caranya adalah sama seperti halnya membersihkan seluruh tubuh dengan mandi. Dalam artian kita bisa membasuhkan air dan mengelap secara lembut pada bagian luar telinga.

Diungkapkan oleh Dr. Kim bahwa kita tak perlu bersihkan telinga bagian dalam sebab kotoran yang ada bakal hancur dan hilang dengan sendirinya.

Adapun jika dirasa tetap perlu menggunakan cotton buds, maka pastikan untuk selalu membersihkan telinga di bagian luar.

Adapun pada kondisi tertentu, pernyataan Dr. Kim di atas bisa saja dikecualikan. Yakni pada kondisi kotoran dalam telinga sudah sangat mengganggu hingga menyebabkan pendengaran berkurang dan terjadinya penyumbatan pada lubang telinga. Atau bahkan hingga telinga mengeluarkan cairan berwarna kuning atau cokelat.

 

Namun akan tetap lebih baik dan direkomendasikan untuk mengkonsultasikannya ke dokter jika sudah terjadi masalah seperti di atas.

Jika mengalami penyumbatan pada saluran telinga karena serumen jadi mengeras, maka Doketer biasanya akan memberikan resep berupa obat tetes untuk telinga guna melunakkannya.

Tentu sebuah keputusan paling bijak dan aman jika menyerahkan masalah ini ke ahlinya langsung.

Bila kotoran dalam telinga itu bersifat lunak, maka untuk pembersihannya bisa dilakukan dengan teknik hisap. Namun bila dirasa sulit untuk melakukannya, maka dapat gunakan kuret serumen yang bisa menjangkau ke dalam telinga untuk kemudian mengangkat kotoran di dalamnya sehingga keluar.

Cara lainnya adalah bisa dengan melakukan semprotan pada telinga untuk membersihkan serumen pada saluran telinga. Adapun cairan yang disemprotkan adalah air garam atau air biasa yang sebelumnya telah dipanaskan sesuai suhu tubuh. Namun tentu cara ini hanya bisa dilakukan menggunakan alat khusus oleh tenaga medis yang andal dan terpercaya.

***

Nah, kira-kira seperti itulah cara membersihkan telinga secara baik dan benar yang bisa Anda terapkan.

Semoga bermanfaat.

Referensi dari : health.kompas.com

Write your comment Here

%d bloggers like this: